Monday, January 28, 2019

on 1 comment

Cara Mempercepat Pertumbuhan Pada Domba Dengan Soc | MUDAH DAN PRAKTIS

SEPERTI INILAH Cara Mempercepat Pertumbuhan Pada Domba Dengan Soc yang cukup mudah untuk di aplikasikan nya yang sangat efektif untuk meningkatkan bobot domba yang anda ternakan. 

Memiliki domba dengan berat yang ideal sehingga layak di jual dengan harga tinggi tentunya itu menjadi dambaan setiap peternak. 

https://caramudahmembuatpakanfermentasiternak.blogspot.com/2019/01/cara-mempercepat-pertumbuhan-pada-domba.html

Akan tetapi bukan hal yang mudah untuk mewujukan hal tersebut , karena bisa saja ternak domba yang di miliki terserang penyakit, pemberian pakan yang kurang, pakan yang tidak cocok sehingga berdampak pada berat badan domba yang tidak kunjung naik. 

Di bawah ini beberapa penyakit yang bisa menyerang domba

Kembung atau bloat
Keadaan ini ialah perut kambing yang berisi banyak gas yang dikarena proses fermentasi yang berjalan cepat dan tidak dapat mengeluarkan gas dalam bentuk kentut, tinggi nya akumulsi gas dalam perut menekan organ dalam tubuh sehingga menimbulkan kesakitan, alhasil kambing pun bernapas dengan mulut terbuka. 

Ciri ciri yang bisa di alami oleh domba yang terkena penyakit kembung ialah perut kambing yang membesar karena penumpukan gas dalam rumen. 

Cacingan

Penyakit lain yang bisa menyerang kambing ialah cacingan , cacing yang bisa menyerang seperti haemonchus cocortus, Trichuris sp dan Oestophagostomum sp, cacing cacing ini hidup sebagai parasit di saluran pencernan melekat di selaput usus menghisap sari makanan , cairan tubuh , darah dan mengeluarkan racun.

Keadaan ini mengakibatkan kambing menjadi lemah , lesu dan tidak bisa gemuk walau di beri makan yang banyak. Ciri domba atau kambing yang terserang biasanya nafsu makan berkurang, lemah, lesu, kurus , perut buncit , bulu kasar , kusam dan rontok.

Domba bisa juga mengalami diare atau mencret , maka sangat penting untuk menjaga kebersihan kandang dan memberikan obat cacing secara teratur boleh 3 bulan sekali , 6 bulan sekali paling lambat setahun sekali.

Scabies
Bahasa awam nya di sebut kudis dan kurap , di sebabkan ektoparasit atau tungau sarcoptes scabei , psoroptes communis varovis dan chorioptes ovis, biasanya penyakit ini menyerang area sekitar telinga dulu , lalu menyebar.

Ciri klinis domba yang terkena scabies biasanya timbul bercak bercak merah yang membentuk bisul pada kulit kambing, lalu kulit yang bercak akan mulai menebal , mengeras dan bersisik dan gatal.

Karena gatal biasanya kambing akan menggosok gosokan badan nya ke dinding kandang sehingga mengakibatkan bulu rontok. 

Itulah beberapa penyakit yang bisa menyerang domba atau kambing yang tentunya harus di waspadai karena bisa mengakibatkan domba menjadi kurus dan tidak menambahkan berat badan nya. 

Mau cara yang lebih praktis untuk membantu meningkatkan bobot berat domba anda dan meningkatkan sistem kekebalan ? 


Tahukah anda bahwa di dalam dunia peternakan telah mengalami kemajuan salah satu nya untuk hal pakan, saat ini telah terkena pola pakan fermentasi yang mana salah satu manfaat nya dapat meningkatkan bobot ternak dan meningkatkan imunitas hewan ternak terhadap serangan penyakit.

Bagi anda yang tidak tahu apa itu fermentasi pakan, fermentasi pakan ialah proses amoniasi terhadap pakan ternak supaya kandungan nutrisi yang terdapat pada pakan ternak hijau dapat disimpan dalam waktu lama. 

Sedangkan amoniasi ialah cara pengolahan kimia untuk meningkatkan kadar cerna bahan pakan hijauan dan kadar protein dengan menggunakan amoniak NH3 sebagai bahan kimia pakan ternak fermentasi. 

Jenis pakan fermentasi ini memiliki banyak manfaat nya seperti

  • Dapat memperbaiki sistem pencernaan pada kambing
  • Membuat kambing ternak cepat gemuk atau bertambah bobotnya secara alami dan sehat
  • Pakan fermentasi dapat di simpan , sesuai kebutuhan
  • Dapat mempercepat pertumbuhan karena pakan ternak fermentasi terdapat nutrisi penambah nafsu makan
  • Daging ternak menjadi lebih rendah kolesterol dan tidak bau prengus
  • Membantu menjaga dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh pada kambing
  •  Dll
Jadi jelas bahwa pakan fermentasi ini memiliki banyak keunggulan yang akan meningkatkan sistem kekebalan domba dan membantu meningkatkan bobot ternak. 

Mau membuat pakan fermentasi untuk hewan ternak domba anda ? 


Di bawah ini cara membuat pakan fermentasi untuk domba
·          

  • Jerami padi yang sudah di keringkan sebanyak 1 ton
  • SOC-HCS
  • Molase atau tetes tebu
  • Air secukup nya
  • Terpal atau plastik
  •  Ember plastik
  • Alat penyiram air
Siapkan tempat , potong-potong jerami lalu ambil ember , isi air tuangkan SOC-HCS dan molase nya lalu aduk hingga rata 

Mulailah menggelar jerami selapis pertama dengan tinggi 15-20 cm lalu mulailah menyemprotkan larutan adonan air,SOC-HCS dan molase ke tumpukan jerami tadi dan injak injak , usahakan penyemprotan nya rata dan jeramiterlihat basah

Setelah semua jerami selesai lalu tutup tumpukan jerami tadi menggunakan terpal atau plastik , ikat rapat dan usahakan tidak ada udara yang masuk , lalu diamkan tumpukan jerami , lalu diamkan minimal selama 24 jam 

Ciri fermentasi pakan kambing yang sudah sudah jadi
Suhu badan pakan fermentasi meningkat atau terasa hangat saat di pegang yang mana semula nya dingin, terlihat ada nya perubahan warna pada bahan fermentasi yang di buat, bahan fermentasi yang tadi nya kaku menjadi lapuk atau lunak. 

Dalam pembuatan pakan fermentasi ada produk yang sangat penting yaitu SOC-HCS yang mana membantu proses pembuatan pakan fermentasitu sendiri, tidak ada cairan ini makan fermentasi bisa gagal

INILAH SOC-HCS  PRODUK TERBAIK MENGHASILKAN PAKAN FERMENTASI YANG BERKUALITAS
https://caramudahmembuatpakanfermentasiternak.blogspot.com/2018/11/obat-alami-untuk-fermentasi-pakan-ternak.html
 KLIK GAMBAR UNTUK INFORMASI LEBIH LENGKAP

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.club....^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete